Tips Mengatasi Harddisk Eksternal Yang Tidak Terdeteksi



Ketika Harddisk Eksternal saya yang bermerek WD My Passport 500 GB dibawa kerumah teman saya untuk keperluan sesuatu. Rupanya muncul kejadian yang tak terduga ketika lagi sedang copy data dari laptop saya tiba-tiba harddisk saya ter-close sendiri, lalu saya copot dan saya masukin lagi harddisk eksternal ke laptop hasilnya lebih parah lagi yaitu minta diformat ulang. Mau panik pun gak bisa karena masih dihari pertama bulan ramadhan.Setelah saya balik kerumah saya mecoba berbagai eksperimen seperti mencoba update firmware, mecoba format ulang lagi dengan tool khusus, mencoba banting sedikit (agak sadis) tetap gagal juga karena tidak terdeteksi. Tapi akhirnya saya mencoba sms sang penjual harddisk eksternal untuk meminta klaim garansi rupanya sudah habis masa garansi toko kecuali garansi distro belum habis karena garansi harddisk eksternal Western Digital My Passport 500 GB itu 3 tahun. Setelah pikir-pikir, saya mencari ide lain yaitu lewat paman google. Tidak sia-sia untuk mencari solusi yaitu memakai tool khusus yaitu TestDisk 6.14-WIP. TestDisk adalah data recovery tool yang bersifat open source. Langkah-langkah tips ini adalah sebagai berikut:


1. Download TestDisk 6.14-WIP di link ini ini tergantung platform OS Anda
2. Extract ke sembarang folder yang Anda sukai dan jalankan toolnya
3. Pada window pertama, pilih “No Log” dan tekan enter
4. Pilih drive mana yang akan di analyse, pilih “Proceed” dan enter
5. Pilih jenis partisi Intel jika PC bukan Mac lalu dan enter
6. Pilih Advanced
7. Pilih Boot
8. Pilih Backup BS


Sukses juga akhirnya dan permasalahan yang saya dapat harddisk eksternal saya mengalami error pada boot sector dan tidak terdeteksi diakibatkan mencopot kabel USB harddisk eksternal ini secara tidak aman yaitu tidak melalui “safely remove hardware” dan tool ampuh saat ini cuma TestDisk 6.14-WIP. Tool ini selain bisa dijalankan di Windows juga support platform OS lainnya seperti: Macintosh, Linux, dan DOS. Perjuangan saya tidak sia-sia juga. Haha…..

1 komentar:

  1. artikel ini sangat bermanfaat buat saya yang lagi panik karena mengalami hal yang sama, makasih ya....

    BalasHapus